U.D Manalu Jaya

Kami menjual aneka buah dan rempah rempah ke seluruh Indonesia dan Asia Tenggara, melayani partai kecil dan partai besar. adapun yang kami jual Alpukat, Sirsat, Mangga,Manggis, Jeruk, Jahe, Cabai, lada, kulit manis, vanili,asparagus, dan Banyak aneka lainnya. Contact Kami di Hp,Line, Whatapps : 082168197770, ikuti kami di facebook : https://www.facebook.com/jamisterchal,

Cara Budidaya Alpukat Mentega Dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Siapa sih yang tidak mengenal buah alpukat? Alpukat adalah buah yang sangat familiar, buah ini memiliki bentuk yang menyerupai buah pir dan mempunyai daging yang tebal serta menyimpan rasa yang gurih. Selain nikmat untuk dikonsumsi, bahan alami ini sudah banyak dimanfaatkan untuk kesehatan dan kecantikan.

Cara Budidaya Buah Alpukat Mentega

Buah Alpukat Mentega
Alpukat Mentega

Alpukat atau Persea americana ialah tumbuhan penghasil buah yang sering dijadikan sebagai campuran es buah merupakan tumbuhan yang berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah. Saat ini Alpukat sudah banyak dibudidayakan dibanyak negara dan juga termasuk di Indonesia. Alpukat sering juga dijadikan sebagai tanaman perkebunan monokultur dan sebagai tanaman di pekarangan pada daerah-daerah tropika di dunia.

Bila sebelumnya alpukat lebih sering dikenal sebagai tanaman keras yang hanya akan berbuah setelah masa tanam lebih dari 7 tahun. Namun kini dengan keberadaan alpukat mentega atau alpukat miki, maka tanaman alpukat sudah berbuah pada masa tanam sekitar tiga hingga empat tahun.

Dengan umur yang relatif cepat berbuah serta tahan terhadap serangan ulat dan juga memili tekstur daging buah yang tebal tanpa serat membuat alpukat mentega saat ini semakin banyak diincar untuk dijadikan tanaman perkebunan.

Bibit Alpukat Mentega

Ketika ingin membudidayakan tanaman alpukat mentega, maka hal pertama yang harus dipikirkan adalah mengenai bibit. Untuk mendapatkan bibit alpukat mentega miki, dapat diperoleh dengan cara okulasi. Ini merupakan cara terbaik untuk memperoleh bibit dengan sifat induk yang tidak berubah.

Proses okulasi dapat dilakukan dengan cara menyambung pucut alpukat mentega miki terhadap tunas dari biji alpukat lain. Adapun proses penyambungan dapat dilakukan saat tunas berusia dua bulan atau tinggi sekitar 50 cm.

Budidaya Alpukat Mentega

Untuk budidaya alpukat mentega diperlukan berbagai pertimbangan yang perlu diperhatikan, salah satunya adalah mengenai tempat pertumbuhan tanaman ini yang sangat cocok bila ditanam di dataran tinggi dengan ketinggian maksimal 1.500 meter di atas permukaan laut.

Hal lainnya yang perlu diketahui ketika membudidayakan tanaman alpukat mentega adalah disaat muda tanaman ini harus dipupuk dengan dedaunan atau dengan menggunakan kompos agar pertumbuhannya lebih cepat. Dengan pertumbuhan pohon yang lebih cepat memungkinkan tanaman ini juga akan semakin cepat berbuah.

Pertumbuhan alpukat mentega juga akan semakin baik bila ditanami di daerah yang memiliki suhu antara 15 hingga 30 derajat Celcius dengan curah hujan 5 sampai 6 bulan basah. Hanya saja, lokasi paling bagus, ya di dataran tinggi dengan ketinggian maksimal 1.500 meter di atas permukaan laut.

Manfaat Alpukat Mentega Untuk Kesehatan

Jenis alpukat mentega
Gambar Jenis Alpukat Mentega.


Buah alpukat mentega memiliki banyak jenis, salah satunya adalah alpukat mentega. Di dalam alpukat mentega terdapat kandungan  vitamin (A, B, C, D, E dan K), zat besi, magnesium, potassium, dan fosfor. Jenis ini juga dianjurkan untuk diberikan kepada bayi karena mengandung lebih dari 25 nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Berikut ini juga akan dijabarkan mengenai manfaatnya bagi kesehatan.

Khasiat Konsumsi Buah Alpukat Mentega

1. Mencegah Kanker
Minyak asam di dalam buah alpukat berperan secara efektif untuk menghancurkan sel-sel kanker oral serta berguna untuk menghambat pertumbuhan kanker prostat.

2. Menjaga Kesehatan Mata
Adanya kandungan lutein dan vitamin A di dalam alpukat mentega dapat mencegah gangguan pada mata dengan cara memberikan perlindungan pada organ mata untuk terhindar dari mata katarak.

3. Mengatur Kadar Kolesterol dalam Darah
Mengonsumsi alpukat mentega secara teratur akan mengurangi tingkat fosfolipid sekitar 20%. Hal itu disebabkan karena adanya kandungan beta-sitosterol yang tinggi.

4. Menjaga Kesehatan Hati dan Jantung
Alpukat mentega memiliki kandungan asam folat, vitamin E, lemak tak jenuh dan glutathione. Kandungan tersebut berguna untuk menjaga kestabilan tubuh serta berguna untuk menjaga kesehatan hati dan jantung.

5. Mengatasi Hipertensi (Tekanan Darah Tinggi)
Alpukat Mentega ini juga dapat memberikan keuntungan bagi mereka yang menderita hipertensi (tekanan darah tinggi). Kandungan di dalamnya dapat melancarkan peredaran darah di dalam tubuh.

6. Menyerap Nutrisi Lebih Baik
Alpukat memiliki kandungan serat yang bermanfaat bagi sistem pencernaan. Kandungan serat di dalamnya berperan efektif dalam proses penyerapan nutrisi tertentu dengan memperbaiki sistem pencernaan di dalam tubuh, sehingga, dapat mencegah terjadinya sembelit, menyehatkan organ pencernaan dan menjaga berat badan agar tetap ideal. Selain itu, mengkonsumsinya akan cocok bagi orang yang sedang melakukan program diet.

Manfaat alpukat mentega bisa didapatkan apabila mengkonsumsinya dengan porsi yang bijaksana. Penting juga untuk mengetahui cara memilih, menyimpan dan mengolahnya supaya mendapatkan manfaat yang diinginkan. Demikian segelintir informasi yang dapat disampaikan, informasi ini juga bisa digunakan sebagai sumber refrensi harian sehat bagi para pembaca. Eits, tapi jangan lupa untuk membaca Khasiat Biji Alpukat atau Khasiat Daun Alpukat

0 Response to "Cara Budidaya Alpukat Mentega Dan Manfaatnya Untuk Kesehatan"

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Kritik, Saran Dan Komentar Anda .